Jumat, 18 Maret 2011

Ini lah Ulah dari Koran Harian Malaysia yang banyak di Kecam

GAMBAR ULTRAMAN HADAPI SUNAMI JEPANG 2011 KARIKATUR Sebuah koran Harian di Mayasia, meminta pemuatan karkatur bertema Tsunami Jepang. Karikatur di rubrik Ragamhalaman 24 itu diprotes banyak pembaca karena dianggap tidak sensitif pada musibah dahsyat yang terjadi Jumat lalu.

Karikatur yang dimuat di harian edisi Minggu (13/3/2011) itu menggambarkan karakter kartun Jepang populer,Ultraman, yang mencoba kabur dari terjangan tsunami. Karikatur ini menuai kritik dari pembaca maupun politisi lewat Twitter dan Facebook.

"(Karikatur) Itu sungguh memiliki citarasa buruk dan tidak mewakili rakyat Malaysia yang bersolidaritas pada teman-teman kita yang berduka di Jepang," katapolitisi Nurul Izzah yang juga putri Anwar Ibrahim di twitternya.

Atas aneka kecaman itu, Berita Harian meminta maaf lewat akun Facebooknya. "BERITA HARIAN memohon maaf dengan penyiaran karikatur mengenai kejadian tsunami dan gempa bumi di Jepun dalam akhbar Berita Minggu hari ini. Pihak kami tidak berniat langsung untuk mempersendakan bencana yang menimpa negara itu, sebaliknya amat bersimpati dan berkongsi kesedihan dengan rakyat Jepun," demikian bunyi pengumuman itu.

FOTO ULTRAMAN DIKEJAR TSUNAMI Gambar Karikatur Ultraman Jepang Takut Sunami 2011

Berikut ini gambar Ultraman dikejar sunami 2011 yang dimuat media Malaysia. Sebenarnya kita (mungkin) juga sering lihat status di facebook yang secara tidak langsung menunjukkan sikap kurang sensitif dalam menanggapi bencana gempa Jepang 2011, seperti "mana jagoan super Megaloman Ultraman kok ga muncul saat gempa bumi di Jepang" atau "Diberitakan Voltus 5 dan Kamen Raider tersapu bersih sunami Jepang 2011". Pemuatan foto Ultraman dikejar tsunami karikatur jagoan super Jepang lari ketakutan ini hanyalah bagian dari berbagi informasi. Mohon jangan disalah-artikan.